Pantai Teleng Ria - Pacitan

Pantai Teleng Ria adalah salah satu tujuan wisata di kota 1001 Goa, Pacitan. Jaraknya sekitar 3 km dari alun-alun kota. Teleng Ria dikelola di bawah PT. El John sejak tahun 2008 dimana sebelumnya pantai ini dikelola oleh Pemda setempat. Dalam dua tahun terakhir, Teleng Ria menunjukkan perkembangan pesat dengan dibangunnya surfing centre, area permainan anak-anak, taman angrek, kolam renang, berbagai kegiatan mingguan dan fasilitas yang sedikit demi sedikit terus dibangun. 


Rencana pembangunan area ini seperti dituturkan oleh Bapak Ucuk, tim management Pantai Teleng Ria, menargetkan untuk melengkapi beberapa sarana yaitu:

- Accommodation 

Sampai saat ini akomodasi yang berada di daerah Pantai Teleng Ria dikelola oleh Bapak Eric, investor asal Australia sejak 14 tahun yang lalu. Bapak Eric kemudian membangun homestay bagi para pengunjung. Perancangan pembangunan akomodasi yang lebih meluas akan dimulai tahun depan.


- Activity  

Dalam dua tahun terakhir, setiap minggunya di Teleng Ria diadakan event-event dan hiburan dimana kegiatan ini bisa menarik ribuan pengujung. Sementara pengunjung paling banyak akan datang di saat libur sekolah dan libur-libur hari besar lainnya mencapai lebih dari 3000 pengunjung.


- Eating 

Warung dan para penjual makanan di area Pantai Teleng Ria diorganisir secara teatur dan dibuatkan tenda-tenda bagi mereka yang ingin berdagang di area ini. Hal ini ditujukan agar perawatan dan ketertiban di Teleng Ria tetap terjaga.


- Playing

Dibangun fasilitas surfing centre, permainan anak seperti bianglala, kolam renang, dan kid’s zoo untuk semakin menarik minat para pengunjung.



Diceritakan Bapak Ucuk, pada awalnya El John sendiri sempat ragu untuk memajukan Pantai Teleng Ria, mengingat wilayah Pacitan yang belum begitu tereskpos wisatanya. Namun setelah pembangunan dimulai, masyarakat Pacitan sendiri sangat antusiatas untuk turut serta membangun daerahnya. Sampai sekarang terdapat 60 pekerja yang merupakan masyarakat asli Pacitan. 


Bapak Ucuk juga mengatakan bawah tidak sedikit pantai di Pacitan yang pengolalaannya dilakukan oleh investor dari luar negeri.  Menurut Bapak Ucuk, masyarakat luar negeri merasa wisata Pacitan mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Pihak-pihak asing mempunyai andil yang cukup besar bagi memajukan potensi wisata Pacitan, tutur Bapak Ucuk.

1 komentar:

Kitchen set 123 mengatakan...

Pas banget saya mampir disini
artikel ini sangat membantu saya
dan
kami dari Grindulu Interior
Melayani jasa Desain Interior furniture
Suwun Njih . . . .

Posting Komentar

  • Image and video hosting by TinyPic

Danza Kuduro

Paramore-Ignorance

  • Komunitas Dukung Komodo
    Satwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,
    • Indonesia Hancurkan Kamboja
      Timnas Indonesia U-23 memulai langkahnya dengan baik di babak penyisihan Grup A SEA Games XXVI. Dalam pertandingan pertamanya, Patrich Wanggai dan kawan-kawan menang 6-0 atas Kamboja di stadion Gelora Bung Karno Senayan, Senin (7/11) malam.
    • Kapal Diatas Rumah,
      BANDA ACEH. Gampong Lampulo di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, menjadi desa wisata. Masyarakat setempat menyatakan kesiapan mereka untuk menjadikan kawasan tersebut desa wisata